Tutorial Cara Membuat Menu Di Blog Dengan Mudah Jika semua kode sudah dimasukkan klik Simpan. Sampai tahap ini blog sobat sudah memiliki menu horizontal, namun saya yakin sobat ingin menu-menu tersebut sesuai keinginan. Jika demikian, mari kita lanjutkan edit menu horizontal tersebut. Cara edit menu-menu yang ada di blog Pada kode css dan html yang sobat masukkan tadi ada kode Di situ ada nama2 halaman, mulai dari Home, About, Daftar Isi, Menu, dsb. Dan kode pagar #

Kamis, 05 November 2009

tempat wisata kebumen


KarangsambungHampir di setiap kota terdapat museum, baik itu museum perjuangan maupun museum yang berisi benda peninggalan bersejarah, seni, dan barang kuno. Namun museum yang berisi bebatuan penyusun bumi, di Jawa Tengah hanya ditemui di Kampus Karangsambung. Kampus Karangsambung yang dibangun tahun 1964 adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung, di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). UPT ini menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan latihan, penyebarluasan informasi kebumian, konservasi, dan pengembangan wilayah bernilai ilmiah. Dalam rangka penyebarluasan informasi Kebumian, tahun 1995 di Kampus ini dibangun gedung untuk menyimpan alat peraga batuan yang kemudian dikenal sebagai Museum Kebumian. Lebih dari 50 macam batuan dari tiga jenis batuan dasar pembentuk bumi (batuan beku, sedimen, dan metamorf) disimpan di museum ini.

Dalam rangka penyebarluasan informasi Kebumian, tahun 1995 di Kampus ini dibangun gedung untuk menyimpan alat peraga batuan yang kemudian dikenal sebagai Museum Kebumian. Lebih dari 50 macam batuan dari tiga jenis batuan dasar pembentuk bumi (batuan beku, sedimen, dan metamorf) disimpan di museum ini.

Umur bebatuan itu ratusan juta tahun. Itu merupakan contoh batuan penyusun bumi yang diambil dari kawasan geologi Karangsambung di sekitar kampus.

Dari segi geologi, batuan itu sangat unik, aneh, dan menarik. Misalnya, beberapa batuan yang sebenarnya merupakan batuan dasar samudra, di kawasan ini muncul di permukaan. Ada batu rijang yang diambil dari Sungai Muncar di Desa Seboro, Kecamatan Karangsambung. Batu yang berumur sekitar 81 juta tahun ini merupakan batuan dasar samudra yang biasanya ditemukan di kedalaman 4.000 meter di bawah permukaan air laut. Ada juga batu sekis mika dari Sungai Brengkok yang merupakan batuan tertua di Pulau Jawa, berumur sekitar 120 juta tahun.

Munculnya bebatuan itu akibat proses tumbukan (seduksi) Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Asia. Proses tumbukan dua lempeng ini hingga kini masih berlangsung, seperti beberapa waktu lalu menimbulkan gempa dan gelombang tsunami di sekitar kawasan Samudra Indonesia.

Jika belum puas mengenal bumi dari contoh bebatuan penyusunnya di Museum Kebumian, pengunjung dapat keliling ke situs geologi di kawasan geologi Karangsambung. Hanya, untuk ini tidak cukup satu hari dan perlu tenaga ekstra sebab harus naik turun tebing, melintasi sawah, dan menyeberangi sungai. Namun, untuk sampai ke Kampus Karangsambung tidaklah sulit. (Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar