Tutorial Cara Membuat Menu Di Blog Dengan Mudah Jika semua kode sudah dimasukkan klik Simpan. Sampai tahap ini blog sobat sudah memiliki menu horizontal, namun saya yakin sobat ingin menu-menu tersebut sesuai keinginan. Jika demikian, mari kita lanjutkan edit menu horizontal tersebut. Cara edit menu-menu yang ada di blog Pada kode css dan html yang sobat masukkan tadi ada kode Di situ ada nama2 halaman, mulai dari Home, About, Daftar Isi, Menu, dsb. Dan kode pagar #

Kamis, 05 November 2009

Luk Ulo, Identitas Baru Kabupaten Kebumen?

DI Kebumen terdapat Apotek Luk Ulo. Nama yang tepat, karena Luk Ulo merupakan nama sebuah sungai yang sejak dulu sudah dikenal masyarakat Kebumen, baik yang mukim di kotanya sendiri maupun di perantauan.
Kali Luk Ulo membelah dua wilayah atas Kabupaten Kebumen. Bagian barat mulai dari Pejagoan sampai dengan perbatasan Banyumas. Sedangkan bagian timur mulai dari Kota Kebumen sampai dengan perbatasan Kabupaten Purworejo. Masing-masing wilayah ini memiliki ciri tersendiri. Bagian barat lebih maju, karena untuk pertumbuhan bisnis, sedangkan bagian timur cenderung agraris.

Sejak zaman Mataram, Kebumen dikenal sebagai daerah lumbung padi, meski saat ini masih banyak warga miskin. Swasem-bada beras layaknya sudah bisa terpenuhi. Tengoklah daerah lumbung padi di sepanjang wilayah Urut Sewu.
Masa lalu Kebumen sebagai daerah penghasil sarang burung walet, se-hingga tugu kebanggaan Kota Kebumen pun dinamakan Tugu Walet. Namun dalam perkembangannya, sudah banyak daerah lain yang menghasilkan sarang walet. Citra Kebumen sebagai sentra sarang walet makin memudar.

Kabupaten ini dulu juga penghasil kopra, sehingga muncul industri pengolahan minyak kelapa Sari Nabati, yang pabriknya kini beralih fungsi sebagai gedung olah raga. Kebumen juga dikenal sebagai penghasil genteng berkelas, yaitu di kawasan Soka, sehingga dikenal sebagai genteng soka.
Namun beberapa daerah lain kini juga memroduksi genteng serupa.

Kebumen juga pernah dikenal sebagai basis industri rokok klembak menyan.
Tetapi sekarang rokok kretek dan filter makin merebak di berbagai daerah, menggusur klembak menyan. Lantas, sekarang apa yang menjadi kebanggaan Kota Kebumen?
Memberi Berkah Yang paling kekal dan abadi adalah keberadaan Kali Luk Ulo, yang sampai sekarang masih memberi berkah kepada penduduk di sekitarnya.
Sebuah kali yang bagian tepinya banyak ditumbuhi tanaman bambu, berserak batu, pa-sir, batu pualam atau akik.

Kali Luk Ulo sekaligus menjadi saluran irigasi yang mengaliri ribuan hektare persawahan penduduk. Ia pun menjadi pusat penelitian geologi (Karangsambung), home industri dari kerajinan bambu (misal sangkar burung, kurungan ayam, bangku panjang), dinding / atap rumah, pagar, anyaman, hingga , rumah bambu. Sunduk sate, bahan pembuat keramba (budi daya ikan) dan lampion pun terbuat dari bambu.

Industri genteng juga sudah bermunculan di tepi Kali Luk Ulo, bahkan sejak jaman Belanda.

Saat ini industri genteng makin memprihatinkan. Banyak pengusaha yang sudah tidak mampu bangkit lagi.

Mengingat betapa penting sungai tersebut, serta makin banyaknya identitas daerah yang hilang atau memudar, mengapa pemerintah daerah tidak menjadikan Luk Ulo sebagai identitas Kebumen? Dari segala jurusan, barat maupun timur, semua kendaraan pasti melewati jembatan di atas Kali Luk Ulo.
Dengan demikian, Luk Ulo merupakan sungai yang sangat berguna sebagai sumber kemakmuran tirta kencana, seperti halnya Serayu, Musi, dan Bengawan Solo.

Jembatan Tembono menjadi bukti sejarah bangunan tua yang patut dicontoh untuk masa kini, supaya proyek jembatan yang ada di Kebumen bisa setangguh dan sekokoh jembatan itu.

Sungguh tepat kalau orang-orang bilang Luk Ulo ya Kebumen. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Pemerintah Kabupaten Kebumen memiliki gagasan lebih kuat tentang identitas baru daerahnya. (32)

— Ambijo, warga Kebumen, tinggal di Jalan HM Sarbini No 40, Kebumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar